Asrama = Tempat Sejuta Kenangan

Selasa, 10 September 2013 0 comments

Bagi saya pribadi asrama memberikan dampak perubahan yang sangat besar. Baik itu dari sifat, cara pandang dan penampilan secara fisik. Bagaimana tidak, selama lebih dari tiga tahun tinggal di lingkungan ini, mengenal budaya baru, teman-teman yang berbeda, aturan main yang berbeda pula. Teringat peribahasa lama, “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung’. Intinya mau ga mau lo harus ikutin cara main disini, kalo ngga lu kena “sidang”. Haha. Itu yang dialami temen saya yang membuat saya sedikit geram juga dengan pengurus dulu. Karena gara2 itu soulmate saya harus sampe keluar asrama.

Tapi itu bukan kesan ato pengalaman pertama saya di asrama.
Juli merupakan awal pertemuanku dengan asrama polban. Seorang kaka yang mengenakan celana bahan dengan baju batik tampak ramah memberikan penjelasan seputar asrama. “Asrama itu murah, airnya lancar, listrik bebas, fasilitas lengkap, bla.bla.bla” kata si akang itu. Siapapun yang ditawari dengan fasilitas seperti itu dengan harga miring tentu saja akan tergiur.

Kalian masih inget ga ? Pas kita masuk sini ada tesnya kan. Wawancara ekslusif. ^_^. Pertanyaannya macem2, intinya ga sembarangan orang bisa masuk sini. Dan setelah dijalani, diawal2 serasa tinggal di pesantren. Haha. Waww. Pesantren tapi setengah2. :D

3 tahun disini aku bisa mengenal “Mentoring, ukhuwah, rihlah, (dan ah-ah lainnya-heh) Ngamen, karaoke, shopping, bioskop, kongkow, PES, Dota (walaupun ga bisa maininnya ^_^, tapi lumayan mahir maen PES). Disini juga saya bisa sedikit nyalurin hobi saya, “traveling” walaupn baru sekitaran Jabar. Bisa tahu Ciamis, Tasik, Jogja, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Sumedang, Bogor, Sukabumi, Pulau biawak, Banten, dll. Kayanya semua kota2 di Jabar udah pernah terjamah.

#momen paling berkesan=pangandaran=travel to Pulau Biawak
Kalo pangandaran mungkin temen2 inget semua yaa, gimana perjuangan kita sebelm berangkat, sampe ngamen yang berakhir “ripuh” karena uang ga dapet justru “masalah” jackpotnya. “pokona ti harita urang geuleuh ka nu ngarana ‘PEMUDA PANCASILA’-jari tengah tah” haha. Tapi semua terbayar kan dengan pesona pangandaran, dan yang lebih penting lagi “UKHUWAH” kita bro, terjalin disana.

Punten saya ga nyeritain detail tentang tour pangandaran, itu semuanya udah mainstream ya buat kita tapi pasti kesannya mendalalam.  :D

Ini yang paling berkesan bagi saya, mungkin tingkatannya lebih dari Tour pangandaran. Yupz, perjalanan ke Pulau Biawak. Tmn2 2010 ga ada yang ikut, kecuali saya. Hehe. Itu kebetulan aja di ajakin, pas saya lagi d asrama tmn2 yg lainnya ga ada. Sekalian sharing aja ya. Hee tapi mungkin rangkumannya aja, karena ga akan cukup hanya dengan tulisan satu halaman aja.

Gini bro, perjalanan dengan destinasi pulau biawak ini berawakkan 12 orang dengan perjalanan lebih dari 300 km perjalanan darat dan 5 jam perjalanan laut. Dengan track bandung-subang-indramayu-pulau biawak. Sejak berangkatpun keseriusan kita udah diuji, hujan angin dor-dar gelap. Haha. Tapi aya keur ngiuhan, nyaeta di subang, [hari pertama] kita hunting2 rambutan Subang, gede, manis dan yang paling penting “HARA” haha. Kita langsung caw ke Indramayu [hari kedua] Indramayu nyampe sore, tunggu sejenak, maghrib go to pantai persiapan berangkat ke pulau, rencananya sih jam 8 malam mu berangkat kesana. Tapi disinilah kami kembali diuji. Kita ditipu oleh si empunya kapal, tepatnya si kernetnya itu. Kita ber-12 sekitar jam 7 udah nyampe di pantai, suasana gelap, hanya terlihat api yang menyala2 dari kejauhan (pertamina balongan). Pas kita kontek si kernet itu, ga diangkat2. Untungnya ada si bapa yang punya kapalnya itu. Dan kita dikasih penjelasan bahwa kita ga bisa berangkat malam itu, karena biasanya juga ga ada nelayan yang melaut jam segitu, istilah jermanya mungkin “Sosoroh kojor” haha. Iya lah, tau sendiri kan waktu malam itu lagi berhembus angin laut, lawan arus meureun. Dan kita tuh kesana akhir taun, itu tuh lagi masanya angin gede. So, kita ga jadi berangkt malam itu, kita harus jalan kaki di keheningan malam buat nginep dlu di rumah si bapa kapal dan kita fix berangkat jam 2 shubuh. Kita rehat dulu sejenak.

[hari ketiga] Tepat jam 2 kita berangkat, dengan penuh rasa senang dan khawatir sebenarnya. Banyangin bro, kita pake kapal nelayan biasa, yang kecil, TANPA PELAMPUNG. Itu sebenarnya hal paling menakutkan. Ok rada di perquick aja ya.--- setelah sekitar 20 menit kita melaju, dari kejauhan sana sudah terlihat awan pekat hitam, dibarengi dengan suara petir menggelagar. Mau ga mau kita mesti putar balik. L untung kita nemu kapal ukuran menengah yang diparkir ga jauh dari sana. Ya udah deh kita naik dulu ke kapal itu, trus tidur dlu diatas jaring sampe hujannya berhenti,. Sekitar pukul 04.30 kita berangkat lagi, Bismillah. (Baru sejam setengah saya maa udah KO-mabok laut sodara2. Haha) teu kuat pokona mah, maklum perjalanan perdana. Hehe. Gimana ngga coba, diterjang ombak setiap 10 detik, duduk paling depan. Untungnya bisa tidur. Setelah perjalan 5 jam kita akhirnya nyampe di “PULAU BIAWAK” What a beautiful place, I’m fall in love with this island. I just can say “subhanallah”. Serasa di alam mimpi. Jembatan yang menjulur ke laut, dipinggirnya air laut dengan paduan warna hijau dan biru muda, jauh disana ada sebuah tower setinggi 60 m, beberapa gubuk kecil, dan waww kita langsung disambut oleh beberapa ekor biawak. Gede coy biawaknya, kurang lebih setengah ukuran komodo. Sehari disana kita puas2in, renang, naek tower, nyari ikan, bakar kepiting, ngambil kelapa, jaln2 sktar pulau. etc

Kita rencananya pulang mau jam 2 malam lagi alsnnya biar anginnya ga terlalu gede. Guess what happen next ? Pas banget malam itu tuh ada angin rebut, gede banget coy, tempat kita nongkrong di depan semuanya dilalap tuh angin. Kalo ditanya perasaan waktu itu, “bisa ga ya pulang”. Rasa2nya berubah 180 derajt jadi rasa mencekam yang ada. Tapi ternyata bener tmn2 istilah “angin pasti berlalu” eh hujan ya ? haha. Gpp lah. Itu tepat bagt bro, pagi2 jam 8 alhmllh angin udah berhenti. Dan kita udah bisa siap2 plang. Jam 10 caw berangkt, nyampe sekitar jam 3an. Alhamdllh.

Tmn2 dimanapun berada, tetap jaga ya ukhuwahnya ya. :D [pesan kadep ukhuwah ni] haha