Penting Ga Sih Punya SIM ?

Minggu, 05 Februari 2012 0 comments
"Gue ga pernah ke-tilang sama polisi, karena gue udah tahu triknya biar
ga diberhentiin polisi yang lagi rajia"

Statement diatas adalah salah satu komentar dari teman saya mengenai SIM.
ya, SIM yang merupakan kepanjangan dari Surat Ijin Mengemudi.
kali ini saya pengen berbagi pengalaman dan sedikit ngasih trik buat temen-temen
yang belum punya SIM, khususnya SIM C.

Sebenarnya penting ga sih punya SIM itu ?
Menurut kalian gimana ?

Kalo menurut saya sih penting, tapi yang lebih penting lagi adalah memahami
dan mengamalkan ilmu yang diperoleh dari pembuatan SIM tersebut.
Artinya, saya pengen menekankan kepada temen2 yang barangkali berniat untuk membuat
SIM secara "ilegal"..
lho ko ilegal ? apa Maksudnya ?
Maksud saya disini yaitu temen2 suka jalan belakang ato instan buat dapetin yang satu ini..
so what geto lhoo..

Sebenarnya saya agak heran juga. Kenapa sih harus nyogok segala ?
hah..

ok kwan2,
mari kita kupas bareng2 akan pentingnya kita buat SIM secara bersih..
tujuan utama dari pembuatan SIM adalah agar si empunya memahami akan peraturan lalu lintas
(tujuan tes teori) kemudian memiliki kemampuan yang baik dalam mengemudi.
jadi kalo yang "nembak" mah ga akan punya kemampuan kaya gitu..

Disisi lain biaya untuk nembak itu lumayan tinggi juga, 3 kali lipat lebih mahal
kalo kita tes biasa.

Jadi yang nembak itu 2 kali ruginya..
udah mah ga punya "sertifikasi lulus" sama rugi juga masalah keuangannya..
so, kwan2 mu milih yang mana ni ?

dan punya SIM itu wajib lho hukumnya..
hhe
ga percaya ? udah ditilang nanti baru kerasa..
hha

nah sekarang saya mu ngasih tips ni buat tmn2 yang mu bikin SIM.
Pertama : Siapkan persyaratan utama, yaitu SIM asli, ato klo blum punya
bisa pake surat pengantar dari kelurahan..

Kedua : yang harus dilakuin pertama pada saat nyampe ke Polres, tmn2 harus buat surat ket. sehat dari dokter.
tenang aja, disana udah tersedia kliniknya ko.. dan kita hanya ditanya2 aja, tanpa diperiksa.
aneh ya ?? bayarnya 15 ribu. Setelah itu Kalian harus bikin cap jari. trus baya asuransi..

Ketiga : setelah berkas2 persyaratan lengkap serahkan berkas ke petugas, selanjutnya kalian harus nunggu
panggilan untuk tes teori. klo lulus maju ke tes selanjutnya, kalo gak, terpaksa deh, harus nyoba dari awal..

Keempat : tmn2 harus lulus tes teori karena kalo ga, karena ini titik amannya.. jadi klo nanti ga lulus di tes
praktik kalian tinggal lanjutin tes prakteknya, ga harus ngulang dari awal..

kelima : Datang lebih awal, biar cepet juga pulangnya,,
karena lumayan juga lho antriannya..

keenam : tmn2 minimal harus baca2 dulu mengenai rambu2 dan pengetahuan aturan2 lalu lintas..
biar lancar tes teorinya..

Ketujuh : kalo gagal ya.. coba lagi..

>>Selamat mencoba, semoga sukses tesnya>>

==beres==


0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Berbagi itu Indah | TNB